Definition List

Kamis, 18 April 2013

PEMBAHASAN TENTANG DOMAIN

A.      Pengertian Domain

       Definisi dan Pengertian dari Domain yang terdapat dalam Kamus bahasa Indonesia memberikan arti domain adalah wilayah, daerah dan tanah.
     Namun pengertian dan definisi dari Domain disini adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Sedangkan fungsi Domin adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “www.seonaga.com“. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

    Domain Name System (DNS) biasanya digunakan sebuah Layanan Nama Domain untuk menyelesaikan permintaan untuk nama-nama website menjadi alamat IP untuk tujuan menemukan layanan komputer serta perangkat di seluruh dunia. 

        Ada beberapa istilah-istilah lain yang berhubungan dengan nama domain :

a.        Top Level Domain

    TLD merupakan akhiran pada suatu nama domain yang mengindikasikan pemilik Tingkatan Tertinggi Domain tersebut dan jenis domain tersebut. Domain seperti ini terbatas, beberapa contohnya adalah:

·           gov – Government agencies (Pemerintah)
·           edu – Educational institutions (Institusi pendidikan)
·           org – Organizations (Organisasi nonprofit)
·           mil – Military (Militer)
·           com – commercial business (Organisasi Profit/Komersil)
·           net – Network organizations (Organisasi Network)
·           ca – Canada (Negara Kanada)
·           tv – Television (Televisi)

    Karena Internet didasarkan pada alamat IP, bukan nama domain, maka setiap Web server membutuhkan server sistem nama domain / Domain Name System (DNS) untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP.

b.        Sub Domain

       Pengertian Subdomain adalah nama domain tambahan yang menjadi bagian tak terpisahkan dari nama domain utama. Contoh subdomain misalnya goblogmonetize pada http://goblogmonetize.blogspot.com yang berarti goblogmonetize merupakan subdomain dari nama domain blogspot.com.

c.         Domain Redirect

       Pengertian Domain Redirect  disebut juga URL Redirect adalah meneruskan (forward) dari satu alamat nama domain ke alamat nama domain lain, sehingga alamat URL nama domain yang diredirect akan berubah ke nama domain tersebut. Contoh: coba buka http://goblogmonetize.blogspot.com akan di-Redirect ke http://bloggerpemula.info, dan nama domain awal yang diredirect tersebut tidak terlihat lagi.

d.        Add-On Domain

      Pengertian Add-on Domain adalah nama domain yang diarahkan ke sub-direktori sebuah nama domain utama. Misalnya kita mempunyai sebuah alamat website: namakita.com, kita bisa Add-on bisniskita.com dan diarahkan untuk menampilkan apa yang ada di namakita.com/bisniskita/. Ketika http://bisniskita.com/index.html diakses dari Internet, pengunjung tidak akan merasakan adanya perbedaan, bisniskita.com akan tampil layaknya seperti nama domain biasa bagi pengunjung.
Kesimpulannya: Sub Domain dan Add-on Domain tidak mendapat cPanel tersendiri, tapi secara fungsi & fitur, sama saja dengan nama domain / account biasa.

e.         Parked Domain

        Pengertian Parked Domain adalah nama domain lain yang tidak aktif yang diarahkan (domain redirect) ke nama domain utama untuk mendapatkan trafik (traffic) jumlah pengunjung yang sama pada satu situs atau blog yang sama. Misalnya nama domain bisniskita.com ingin kita parkir di domain utama kita yaitu namakita.com, maka bisniskita.com akan menampilkan apa yang ada di namakita.com dengan alamat URL yang tetap yaitu http://bisniskita.com. Hal ini yang membedakannya dengan Domain Redirect, dimana nama domain akan berubah ke nama domain tujuan. Dan kita tetap harus membayar biaya sewa masing-masing nama domain tersebut.

B.       Manfaat Website 

        Untuk manfaat website atau blog sebenarnya sudah kamu kupas pada artikel pembuka website & blog ini. Manfaat yang utama salah satunya adalah : 
  • Menunjukkan eksistensi dari sebuah produk atau perusahaan sebagai brand. Dan untuk lebih mudah menjelaskan ke masyarakat tentang produk seseorang.
  • Bisnis online berupa jual barang atau hanya sekedar bermain adsense maupun affiliasi produk anda. Sarana komunikasi dengan fans atau teman yang berada jauh dari anda. Seperti halnya facebook.com, twitter.com dan yahoo messenger.











           

0 komentar:

Posting Komentar